Download

Keungungan dan kerugian jaringan tipologi star

Keungungan dan kerugian jaringan tipologi star
Pada artikel sebelumnya kita telah mengetahui dengan jelas bagaimana struktur topologi star serta definisinya. Topologi jaringan star tentu saja memiliki keuntungan dan kerugian tersendiri, seperti layaknya semua ciptaan manusia di dunia ini. Maka dari itu kita akan membahas keuntungan dan kerugian topologi star dalam artikel ini.
  Keungungan dan kerugian jaringan tipologi star

Keuntungan jaringan komputer topologi star

Topologi star memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Topologi star memiliki kinerja yang lebih baik, dimana sinyal ditransmisikan hanya kepada workstation atau node yang berhak saja. Sinyal yang dikirim akan sampai tujuan setelah melewati kurang dari empat perangkat, dimana ini tergantung pada kinerja hub.
  2. Jika ada perangkat baru, maka sangat mudah sekali digabungkan ke dalam jaringan, dengan syarat masih tersedia port pada hub. Node baru bisa ditambahkan dengan mudah tanpa mempengaruhi jaringan secara keseluruhan. Berbagai komponen bisa dipindahkan dengan mudah juga. Jika terjadi kekurangan port pada hub, tinggal menambahkan hub kedua yang dihubungkan pada hub pertama, maka semua menjadi beres, tanpa masalah yang berarti.
  3. Manajemen jaringan terpusat, sehingga dapat digunakan sebagai kontrol jaringan.
  4. Kerusakan yang terjadi pada satu node tidak akan berdampak pada keseluruhan jaringan. Untuk melakukan deteksi kerusakan pun mudah, karena setiap hubungan antara node dan hub adalah independen. Jika hub yang rusak, cukup diganti dengan hub baru dengan jumlah port yang sama, meskipun berbeda merek tidak masalah karena tidak perlu melakukan instalasi perangkat lunak.
  5. Topologi star juga menawarkan pribasi dibandingkan jenis jaringan lain. Semua node dalam jaringan berkomunikasi dengan satu perangkat yang ada di pusat saja dan tidak ada koordinasi antara node. Dengan cara ini maka privasi tetap terjaga.
  6. Jika salah satu komputer dalam jaringan rusak, maka tidak akan berdampak pada komputer lainnya. Dengan ini tugas komputer yang rusak dapat digantikan oleh komputer lain yang masih terkoneksi dalam jaringan.
  7. Di dalam topologi star, dapat ditambahakn server yang merupakan penyimpanan terpusat. Dengan adanya penyimpanan terpusat ini maka setiap komputer dapat memiliki data yang sama sehingga tidak perlu adanya tukar menukar data secara manual.

Kerugian pada jaringan komputer topologi star

Selain memiliki keuntungan, kerugian juga didapat dalam topologi star. Berikut ini adalah beberapa diantaranya, yakni:
  1. Ketergantungan pada perangkat yang terpusat memiliki beberapa kelemahan, jika terjadi kegagalan atau penurunan performa, maka jaringan akan gagal atau bahkan mati.
  2. Adanya penambahan hub berupa router atau swith membuat biaya jaringan bertambah secara keseluruhan.
  3. Performa kerja dan jumlah node yang bisa terhubung dalam topologi star tergantung pada kapasitas hub. Semua komputer atau node dalam jaringan memiliki kontrol independen terhadap jaringannya sendiri dan hanya memiliki ketergantungan kepada hub, kegagalan transmisi bisa saja terjadi. Jika hub aman, maka setiap komputer dalam jaringan akan aman-aman saja.
Demikian adalah keuntungan dan kerugian topologi jaringan star. Semoga bermanfaat bagi anda. (iwan)

Hot News